Total Pageviews

Penggunaan Layanan Sistem Informasi yang Efektif dan Cepat Tanggap Terhadap Permasalahan Aplikasi yang Digunakan User


Penjelasan


     Jadi pada contoh yang saya ambil dalam presentasi ini adalah system informasi Perbankan. Bank seakan-akan berlomba-lomba menerapkan teknologi informasi ke dalam sistemnya. Karena dengan teknologi informasi menajemen sebuah bank dapat di lakukan sengan lebih efisien dan tentunya dampak yang di dapat oleh masyarakat adalah semakin mudahnya dalam melakukan transaksi . Istilah ini mengacu ke ketentuan mengenai penggunaan Teknologi Sistem Informasi (TSI). Keberhasilan bank akan sangat ditentukan kualitas kinerja TSI, yang akan terus dikembangkan secara luas untuk memenuhi kepentingan bisnis bank dan nasabahnya.

Pengertian Teknologi Sistem Informasi:


Teknologi Sistem Informasi (TSI) adalah suatu sistem pengolahan data keuangan dan pelayanan jasa perbankan secara elektronis dengan menggunakan sarana komputer, telekomunikasi, dan sarana elektronis lainnya. Penggunaan TSI adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.

Perkembangan Teknologi Komputer Perbankan:


Semakin majunya teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. Yang tadinya melayani nasabah dengan harus bertemu / nasabah datang ke cabang-cabang bank yang disediakan oleh bank kini menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet bahkan dengan mobile phone dan via SMS yang sudah banyak diterapkan di bank. 

Macam- macam penggunaan teknologi informasi di dunia perbankan:





1.     Adanya transaksi berupa Transfer uang via mobile maupun via teller.

2.     Adanya ATM ( Auto Teller Machine ) pengambilan uang secara cash 24 jam.

3.     Penggunaan Database di bank – bank.
4.     Sinkronisasi data – data pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.

Dengan adanya perkembangan Teknologi dalam Perbankan tersebut membuat kinerja lebih efisien dan mengurangi masalah menumpuknya Nasabah dan juga tidak perlu membuang waktu untuk mengantri. Melakukan singkronisasi data tentunya juga berguna agar meminimalisir kesalahan system atas data data nasabah, Dan data-data tersebut akan langsung tersimpan dan dikirim kepada kantor pusat bank dan bertanggung jawab atas kehilangan data maupun kehilangan uang. Lalu dalam menjalan aplikasi tersebut memerluka Kriteria yang menujang berjalannya aplikasi tersebut,


Kriteria Pemilihan Teknologi Perangkat Lunak Perbankan:


Kriteria pemilihan software computer perbankan yang baik sesuai dengan kebutuhan bank secara umum berdasarkan pertimbangan-pertimbangan berikut:

Kemampuan dokumentasi atau Penyimpanan Data

Jenis dan klasifikasi data bank yang relative banyak harus bisa ditampung oleh software yang akan digunakan. Jumlah nasabah serta frekuensi dan jumlah transaksi harian yang besar memerlukan memory computer yang besar, selain memerlukan kecepatan prosesor yang tinggi juga. Sebagai contoh BPR kurang efisien jika menggunakan mesin besar, misalnya AS/400 dalam operasionalnya karena kapasitas dan cakupan geografis BPR biasanya relative kecil.
    Lalu dalam pengaplikasikan kemampuan dokumentasi atau penyimpanan data di dukung oleh beberapa aspek berikut:
1.     Flexibility
2.     Scurity System & Mintenance
3.     User Friendly
4.     Source code

SSumber Terkait;



Comments

Wikipedia

Search results

Popular Posts