Total Pageviews

Ketertarikan IPTEK dan KEMISKINAN

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan,dll.
Penyebab manusia berada dalam garis kemiskinan :
  • penggunaan keuangan yang tidak mengukur pada pemasukan
  • jumlah anggota keluarga yang tidak sebanding dengan pemasukan keuangan keluarga
  • penyebab sub-budaya(subcultural), yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar. Individu atau keluarga yang mudah tergoda dengan keadaan tetangga adalah contohnya
  • kurangnya ilmu pengetahuan,pemahaman teknologi dan pengalaman/keterampilan
Dan masih banyak lagi penyebab adanya kemiskinan
Pengertian IPTEK –ialah sebuah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang  dibidang ilmu dan teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu dan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi.
pembahasan
Harta yang paling berharga adalah ilmu/IPTEK. Karena jika sesorang memilki harta/materi yang banyak namun tidak memiliki ilmu maka harta itu akan cepat habis dalam sekejap. Dan ilmu itu tidak akan habis karena ilmu jika digunakan terus akan semakin bertambah berbeda dengan harta., dengan adanya ilmu sesorang dapat mengelola hartanya dengan baik. Dan orang yang berilmu itu status sosial dimasyarakat lebih tinggi dan lebih dihargai contohnya seperti dosen dan guru.
Dalam agama islam pun ilmu sangat dijunjung tinggi seperti hadist berikut:
ALLah s.w.t berfirman dalam AL qur;’an surat AL Mujadalah ayat 11 yang artinya:
“ALLah meninggikan baeberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang berirman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmupengetahuan).dan ALLAH maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”
 “Carilah ilmu walau sampai ke negeri cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim . sesungguhnya Malaikat akan meletakan sayapnya bagi penuntut ilmu karena rela atas apa yang dia tuntut “(hadist riwayat Ibnu Abdil Bar).
Begitu pentingnya ilmu dalam agama islam, ALLAH akan mengangkat derajat umatnya  yang beriman dan berilmuakan menjadi memperoleh kedudukan yang tinggi. Keimanan yang dimiliki seseorang akan menjadi pendorong untuk menuntut ILmu ,dan Ilmu yang dimiliki seseorang akan membuat dia sadar betapa kecilnya manusia dihadapan ALLah ,sehingga akan tumbuh rasakepada ALLah bila melakukan hal-hal yang dilarangnya
Karena hanya dengan memperoleh ilmu nasib seseorang bisa berubah, ilmu tak hanya kita dapat dari pendidikan formal saja, tapi bisa kita dapat dilingkungan kita begitu banyak ilmu yang dapat kita pelajari dan ilmu bisa kita dapat dari pengalaman hidup kita. Banyak tokoh yang sukses mendapatlan ilmunya dari pengalaman hidup seperti ibu susi pudjiastuti meskipun dia bersokolah hingga SMA kelas 2.,tapi ia merupakan tokoh yang sukses. Meskipun pendidikan formalnya tidak tinggi tapi dia mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang fasih dan bisnisnya terbilang sukses. Oleh karena itu,  tuntutlah ilmu dimana pun dan kapanpun, karena dengan ilmu kita dapat merubah mas depan kita


Comments

Wikipedia

Search results